Jumat, 22 Juni 2012

devi setiawan: contoh laporan .....

LAPORAN

SMP SULTAN AGUNG 1 TIRTOMOYO
2011
PERSETUJUAN

Telah Disetujui Oleh Bimbingan Penulis Laporan Widya Wisata SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo.
            Hari                 :
            Tanggal           :

Tirtomoyo, 25 November 2011
Pembimbing

Rudi puspito wati,S.pd
PENGESAHAN

Laporan Ini Diajukan Guna Melengkapi Tugas Widya Wisata SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo.

Diterima dan disahkan oleh kepala sekolah smp sultan agung 1 tirtomoyo :
            Hari                 :
            Tanggal           :

Tirtomoyo, 25 November 2011
Kepala Sekolah

Drs.Joko Utomo

KATA PENGANTAR

Puji dan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayahnya , kami dapat menyusun”Laporan Widya wisata SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo.
Penyusunan laporan ini dilatara belakangi agar siswa mendapat wawasan / pengentuhan yang lebih Luas . Selain kita membaca buku ,kami mengadakan kegiatan widya wisata ke kota surabaya .
                        Tanpa ada bantuan dan bimbingan di berbagai pihak, maka laporan ini tidak akan selesai dengan baik, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
  1. Bapak Drs.Joko Utomo selaku kepala SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo;
  2. Ibu Rudito puspito Wati, S.pd selaku pembimbing kunjungan industry;
  3. Bapak dan ibu guru SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo dan karyawan yang telah memberikan bantuan berbagai hal,
  4. Orang tua kami yang telah member motivasi dan dukungan.
  5. Semua pihak yang membantu pelaksanaan Widya Wisata Smp SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo
Penyusunan laporan ini dibuktikan secara murni tentang kota Surabaya sesuai,situasi,dan kondisi sekarang ini , dan laporan ini berdasarkan kenyataan , dan bukan hanya rekayasa.
                        Demikian atas laporan yang kami sampaikan apabila ada kata-kata kurang pas , Baik kritikan, dan saran, kami mohon maaf.
            Akhir penulisan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih bagi para pembaca umumnya amin.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...............................................................................................   i
HAlAMAN PERSETUJUAN.................................................................................   ii
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................   iii
KATA PENGANTAR.............................................................................................   iv
HALAMAN DAFTAR ISI.....................................................................................   v

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang...........................................................................................   1
B. Manfaat dan Tujuan...................................................................................   1
C. Metode Penulisan.......................................................................................   1

BAB II KISAH PERJALANAN
1.   Kisah perjalanan..............................................................................................   2
2.   Masjid Al Akbar..............................................................................................   2
3.   Sarapan Pagi....................................................................................................   2
4.   Jembata Suramadu..........................................................................................   3
5.   Wisata Bahari Lamongan (WBL)....................................................................   3
6.   Makam Sunana Drajat ....................................................................................    4
7.   Makan malam..................................................................................................   4
8.   Perjalanan pulang ...........................................................................................    5

BAB III PENUTUP
Penutupan ..........................................................................................................    6

v

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Karya tulis ini disususn guna melengkapi tugas widya wisata dan sebagai nilai ujian sekolah selain itu, penulisan juga ingin memberikan berbagai berikut:
1.                  Masjid Al-Akbar
2.                              Wisata Bahari Lamongan(WBL)
3.                              Makam Sunan Drajat
4.                              Kisah perjalanan
5.                              Sarapan pagi
6.                              Jembatan suramadu
7.                              Makan malam
8.                              Perjalanan pulang

B.     Manfaat dan tujuan
1.      Untuk realisasi pelaksanaan ujian, widya wisata dan program OSIS
Dalam mengisis kegiatan awal semester.
2.      Penyempurnaan proses belajar secara visual.
3.      Menanamkan kesadaran lingkungan hidup dan menambah wawasan.
4.      Memper tebal rasa cinta tanah air.

C.    Metode Penulisan
1.      Deskripsi
Adalah pengumpulan data untuk memberikan gambaran atau penegasan karya tulis.
2.      Objektif
Adalah penulisan kejadian sesuai dengan yang terjadi sesungguhnya
Berdasarkan objek wisata yang dikunjungi.
3.      Observatif
Adalah metode yang digunakan dalam pembuatan karya tulis.

BAB II KISAH PERJALANAN

1.      Kisah Perjalanan Widya wisata
Pada hari rabu malam kamis , Tanggal 03 oktober 2011, Siswa-siswa kelas 1x melaksanakan perjalanan widya wisata ke Surabaya, malam harinya kami berkumpul disekolahan sekitar pukul 20.30 WIB untuk mendengarkan pengarahan panitia, bapak kepala sekolah kemudian cek peserta dilanjutkan doa bersama, yang dipimpin oleh bapak bis masing-masing yang berada dibelakang gapura , SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo .Kemudian sampai didalam bis pariwisata ,semua sudah siap kemudian guru-guru pendamping dan wali kelas memasuki bis sekitar pukul 21.00 WIB. Kami berangkat dari sekolahan menuju ke tujuan pertama “Masjid Al- Akbar”. Dalam perjalanan, kami putarkan lagu oleh petugas Biro bis, pada saat lagu yanga diputarkan sangat asyik, kami semua berjoget dan bernyanyisangat senang di dalam bus, agar mengurangi kejenuhan dalam perjalanan, kami merasa senang sekali, setelah sudah lelah kami semua beristirahat, dan terasa waktu berjalan sangat cepat.

2.      Masjid Al-Akbar
Setelah sampai disana, pukul 04.00 WIB, kemudian kami memasuki dan melihat masjid. Allahu akbar (Allah maha besar), yang begitu indah, besar, mewah, megah sekali. Kami masuk untuk melakukan sholat subuh, setelah itu kami melakukan mandi pagi, dan setelah selesai kami bersama teman – teman ke halaman masjid untuk melihat – lihat pemandangan – pemandangan di sekitar masjid, kemudian kami berfoto – foto bersama – sama dengan perasaan sangat senang.

3.      Sarapan Pagi
Untuk menunggu sarapan pagi dating yang telah disediakan oleh petugas biro Bus, kami berkumpul di halaman masjid Al – Akbar, kami berdududk dan mengobrol / bercakap – cakap dengan teman – teman beserta guru –guru pendamping yang ada di sekkitar masjid Al – Akbar, dan ada yang masih di dalam bus. Kemudian sekitar pukul 05.30 WIB, sarapan untuk kami semua telah dating, setelah makanan yang dibagikan makanan tersebut telah disantap oleh kami, kemudian setelah kami sudah kenyang, kami berkumpul untuk mendengarkan pengarahan untuk menuju ke tempat selanjutnya, setelah selesai pengarahan panitia, kami memasuki bus masing – masing untuk berangkat ke tempat selanjutnya, yaitu “Jembatan Suramadu”.

4.      Jembatan Suramadu
Sampai di jembatan Suramadu pukul 08.00 WIB, disan terdapat sebuah jembatan yang panjang sekitar +/- 2 KM, yang dikelilingi lautan yang sangat luas, pemandangan lautan disana sangat – sangat mempesona, kami memutari jembatan dua kali dan berhenti sebentar didaerah Madura untuk membeli oleh – oleh untuk dibawa pulang, kemudian kami melanjutkan perjalanan selanjutnya ke “WBL (Wisata Bahari Lamongan)”.

5.      WBL (Wisata Bahari Lamongan)
Sampai di WBL jam 11.00 WIB, sampai disana beristiahat duduk – duduk mengobrol/bercakap – cakap dengan teman beserta guru pendamping. Setelah beberapa menit kemudian, capek sudah hilang, kemudian kami memasuki swalayan untuk berbelanja untuki oleh – oleh keluargadirumah, dan membeli pernak – pernik aksesoris seperti: bros karang, jam tangan, topi, baju, celana, dan lain – lain. Kemudian setelah selesai berbelanja belanjaan yang kami beli, kami titipkan ke penitipan barang di WBL, kemudian melanjutkan makan siang di restaurant di area WBL, setelah selesai kami menyantap makan siang, kami keluardari restaurant dan kami menuju zoo goa maharani dan pusat keramaian di WBL. Sebelum memasuki zoo goa maharani, kami dipasangi gelang tanda masuk, sebagai tanda masuk, kemudian setelah dipasangi, kami menuju goa maharani, disana banyak binatang – binatang yang di kurung dengan besi yang dilindungi agar tidak punah, seperti : unta, kuda nil, macam – macam kera, macam harimau, singa dan lain – lain. Kemudian setelah selesai mengelilingi binatang – binatang kami memasuki goa maharani, yaitu goa yang sangat indah sekali di dalam goa banyak macam – macam batu yang di ukir seperti: batu – batu kongkrit, batu sedimen, batu sejenis batu pelapukan dan lain – lain, dan banyak benda – benda yang dipergunakan pada zaman manusia purba. Setelah selesai melihat batu – batu yang unik dan antik – antik, kami memasuki pusat permainan di WBL, disana kita dapat bermain dengan sepuas hati did an bersenang – senang dengan teman – teman. Kami bersama teman – teman memasuki permainan – permainan seperti : Tornado, Kereta – keretaan, Rumah hantu, Planet kaca, Bioskop 3 dimensi dan masih banyak permainan – permainan disana, disana kmi banyak menemukan cerita – cerita, yang sangat mengesankan sekali dan tidak akan mudah dilupakan bersama teman – teman yang tersayang, kemudian setelah kami telah lelah, kami keluar dari pusat permainan, dan mengambil barang – barang di tempat penitipan barang, kemudian menuju bis masing – masing untuk melanjutkan ke tujuan terakhir yaitu “ Makam Sunan Derajat” sekitar pukul 16.00 WIB.

6.      Makam Sunan Derajat
Sampai disana pukul 16.30 WIB, diarea parkiran kami turun dari bus, dan menuju makam Sunan Drajat, bersama teman-teman dan Guru-guru pendamping. Setelah kami masuk makakm Sunan Drajat, untuk berziarah / mendoakan Sunan Drajat, setelah selesei berziarah kami memutari pameran – pameran di sekitar makam Sunan Drajat, dan setelah sampai diparkiran bus kami berkumpul dan mendengarkan pengarahan dari panitia , setelah itu, kami melanjutkan perjalanan pulang dan sebelum melanjutkan perjalanan pulang, kami melakukan makan malam dulu di malang Jawa Timur. Dalam perjalanan menuju retouran pada saat mengisi bensin / solar di premium, dalam masing – masing bus ada satu yang mendapat kecelakaan kecil, pada saat mengisi bensin / solar, untunglah masalah itu tidak sampai diperpanjang, sampai POLRI, dan Alhamdulillah, setelah beberapa menit masalah itu sudah kelar,dan melanjutkanperjalanan lagi.

7.      Makan malam
Sampai restouran sekitar pukul 19.00 WIB kami memasuki restouran. Dan akan menyantap menu restaurant itu, bersama teman – teman dan beserta guru pendamping. Namun dalammmm makan malam ini, makanan yang kami makan kurang memuaskan sekali, setelah selesei makan malam, kami sholat isya’ dan setelah selesei makan malam, kami melanjutkan perjalanan pulang kesekolah.

8.      Perjalanan Pulang
Kami melanjutkan perjalanan pulang kira – kira sekitar pukul 19.30 WIB. Kami memasuki bus dan melanjutkan perjalanan pulang. Pada malam harinya kami melanjutkan pulang diiringi dengan lagu – lagu zaman dahulu, untuk mengiringi tidur kami, pada malam harinya kami tertidur nyenyak dengnan lagu – lagu tersebut setelah beberapa jam kemudian, kami telah sampai di sekolahan, tidak menyangka perjalanan waktu telah cepat sekali, kami sampai di sekolahan pukul 03.00 WIB. Dan melanjutkan pulang ke rumah masing – masing, bersama orang tua, untuk bertemu keluarga di rumah.

BAB III
PENUTUP

Perjalanan Widya wisata dari Tirtomoyo menuju Surabaya hingga pulang dengan aman dan lancer. Atas berkat Allah SWT, kami dapat melaksanakan perjalanan study tour ke Surabaya, Jawa Timur. Dengan keadaan aman, dan selamat dan tidak ada halangan dan rintangan sedikitpun, hingga kami selamat sampai tujuan. Dan atas berkatNya pula kami dapat menyeleseikan  laporan guna hasil study tour dengan baik. Dengan melakukan widya wisata ini, kami mendapatkan tambahan pengetahuan tentang tempat – tempat yang istimewa di Surabaya, Jawa Timur. Pelaksanaan Widya wisata ini, cukup sangat menyenangkan dan banyak kisah – kisah yang sangat mengesankan dan tidak mudah terlupakan bersama teman – teman, dan para sahabat – sahabat , yang tersayang.
Demikian penulisan laporan ini, apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan baik kritikan atau saran, kami mohon maaf. Kami mengucapkan banyak terimakasih, dan semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis dan para pembaca.

LAPORAN KEADAAN
KELOMPOK BERMAIN “PAUDI LUHUR”

Kelompok Bermain     : PAUDI LUHUR                                               Alamat                        : Dadapan
Status                          : Swasta                                                                                     Sukoharjo
Akte No/Tgl Berdiri     : 422.1 / 022 /14 Juli 2009                              Kecamatan      : Tirtomoyo