Jumat, 22 Juni 2012

hemmm..hukum fitnah ya allah


Ibarat Makan Bangkai Saudara Sendiri

Gosip, bergunjing, atau membicarakan aib/kejelekan orang lain dalam Islam disebut ghibah. Ghibah ini dilarang oleh agama.

Dalam satu riwayat dari Abu Hurairah, terdapat percakapan sahabat dengan Rasulullah SAW. “Apakah ghibah itu?” Tanya seorang sahabat. “Ghibah adalah memberitahu kejelekan orang lain!” jawab Rasul. “Kalau keadaaannya memang benar?” tanya sahabat lagi. ”Jika benar itulah ghibah, jika tidak benar itulah dusta!” tegas Rasulullah.

“Tahukah kamu apa ghibah itu? Para sahabat menjawab, “Allah dan rasulNya lebih mengetahui.” Beliau bersabda, “Menyebut-nyebut sesuatu tentang saudaramu hal-hal yang dia tidak sukai.” (HR. Muslim).

Orang yang suka ghibah diibaratkan seperti “memakan bangkai saudaranya sendiri” (Dalam QS 49:12). Jabir bin Abdullah ra. meriwayatkan, “Ketika kami bersama Rasulullah Saw, tiba-tiba tercium bau busuk yang menyengat seperti bau bangkai. Maka Rasul pun bersabda, “Tahukah kalian, bau apakah ini? Inilah bau dari orang-orang yang meng-ghibah orang lain”. (HR Ahmad).

Jadi sebaiknya dihindari. Allah tidak akan menerima amalan orang yang suka bergunjing. Jadi lah manusia yang bermanfaat dan dicintai orang lain.

1 komentar:

  1. oarang akan terasa teruji jika orang itu mendapat gunjingan dari orang lain.. masyaallah ,,mudah"an semua muslim muslimt di jauhkan dari syifat gunjingan ,,amin

    BalasHapus