Jumat, 22 Juni 2012

Nomer                  : 19

SMP SULTAN AGUNG 1 TIRTOMOYO
2011
Telah disetujui oleh pembimbing penulis laporan Widya Wisata SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo.

Pembimbing

Ibu. Rudita, S.Pd
NIP.

Telah disahkan Kepala SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo.

Kepala Sekolah

Drs. Joko Utomo
Pembina
  NIP :

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirot Allah SWT, atas rahmad dan hidayahnya, kami dpat menyusun “Laporan Widya Wisata SMP sultan Agung 1 Tirtomoyo” dengan baik dan bermanfaat.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.      Bp. Drs. Joko Utomo, selaku Kepala Sekolah SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo yang telah mengijinkan kami untuk berwidya wisata.
2.      Segenap panitia karya wisata yang telah mengantar, mendampingi dan membimbing kami selama perjalanan.
3.      Ibu. Rudita yang telah membimbing penulis laporan widya wisata dengan kesabaran dan tanggungjawab.
4.      Bp/ibu Guru dan karyawan SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo yang telah mendidik dengan sabar dan tanggungjawab, selama kami belajar di SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo.

Demikian, penulis percaya laporan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, kritik dan saran selalu penulis harapkan agar dalam kesempatan lain lebih baikdan lebih sempurna.
Sekian, semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya. Amiin

Penulis

DAFTAR ISI

JUDUL........................................................................................................    i
HALAMAN PERSETUJUAN...................................................................    ii
HALAMAN PENGESAHAN...................................................................    iii
KATA PENGANTAR................................................................................    iv
DAFTAR ISI..............................................................................................    v
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG.................................................................    1
B. MANFAAT DAN TUJUAN........................................................    1
C. METODE PENULISAN..............................................................    1
BAB II KISAH PERJALANAN
A. PERJALANAN WIDYA WISATA............................................    2
B. KEGIATAN ISOMA (Istirahat, Sholat, Makan).........................    2
BAB III OBYEK WISATA
A. SURA MADU.................................................................................    3
B. GOA MAHARANI.........................................................................    3
C. WISATA BAHARI LAMONGAN................................................    3
D. MAKAM..........................................................................................    4
BAB IV PENUTUP
A. SIMPULAN..................................................................................    5
B. SARAN.........................................................................................    5

v

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Karya tulis ini disusun sebagai syarat guna melengkapi tugas widya wisata SMP Sultan Agung 1 Tirtomoyo. Selain itu penulis juga ingin memberikan pengalaman baru bagi para pembaca melalui tempat-tempat atau obyek wisata yang dikunjungi.
Adapun obyek wisatayang dikunjungi adalah Suramadu, Goa Maharani, WBL, Makam Sunan Drajat.

B.     Manfaat dan tujuan
1.      Untuk realisasi pelaksanaan ujian, widya wisata dan program OSIS Dalam mengisis kegiatan awal semester.
2.      Penyempurnaan proses belajar secara visual.
3.      Menanamkan kesadaran lingkungan hidup dan menambah wawasan.
4.      Memper tebal rasa cinta tanah air.

C.    Metode Penulisan
1.      Deskripsi
Adalah pengumpulan data untuk memberikan gambaran atau penegasan karya tulis.
2.      Objektif
Adalah penulisan kejadian sesuai dengan yang terjadi sesungguhnya
Berdasarkan objek wisata yang dikunjungi.
3.      Observatif
Adalah metode yang digunakan dalam pembuatan karya tulis.

BAB II
KISAH PERJALANAN

A.    Perjalanan Widya Wisata
Pada hari rabu malam 2 november 2011, siswa-siswi kelas IX melaksanakan widya wisata ke Surabaya. Malam harinya kami berkumpul disekolah sekitar 20.30. sebelum berangkat terlebih dahulu berkumpul di halaman sekolahuntuk mendengarkan pengarahan panitia dan juga cek peserta. Kemudian dilanjutkan doa bersama di pimpin oleh Bapak Drs. Sumarsidi. Setelah berdoa kami menujubis masing-masing yang berada di depan gapura SMP Sultan Agung Tirtomoyo. Kemudian pada saat sampai di sana, bis pariwisata semuanya sudah siap dan kami masuk ke dalam bis.
Dan wali kelas guru pendamping masuk ke dalam bis. Pukul 21.00 kami berangkat dari sekolah menuju masjid Al Akbar. Dalam perjalanan kami diputarkan lagu oleh petugas biro untuk mengurangi kejenuhan dalam perjalanan. Dalam perjalanan kami istirahat dan tidak terasa waktu berjalan begitu cepat.

B.     Kegiatan Makan dan Solat
Kami solat subuh pukul 04.45 dan dilanjutkan mandi. Kami solat dan mandi di masjid Al Akbar. Setelah selesai, kami semua keluar dari masjid dan sarapan terlebih dahulu di halaman masjid Al Akbar

BAB III
OBYEK WISATA

A.    Suramadu
Kami berangkat dari masjid Al Akbar menuju obyek wisata Sura Madu pukul 06.30, tiba di Suramadu pukul 09.00. Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Disana kami melihat kapal-kapal yang berlayar melewati jembatan Suramadu dibawahnya. Pemandangan disana sangat indah dan udaranya sejuk. Suramadu jembatan yang sangat panjang, sehingga kami disana tidak turun dari bis dan Cuma melihat dari dalam bis saja. Setelah itu kami melanjutkan ke obyek berikutnya yaitu WBL dan Goa Maharani.

B.     WBL Lamongan
Tiba di WBL sekitar pukul 11.00, sampai disana kami istirahat sejenak, setelah itu kami masuk ke arena permainan. Di WBL banyak berbagai macam wahana permainan dan edukasi. Suasana di sana sangat ramai dengan para pengunjung yang berlibur ke WBL, di sana kami juga membeli oleh-oleh seperti kaos dan pernak-pernik yang lucu.setelah puas mencoba berbagai wahana kami istirahat dan makan siang. Kami makan di salah satun rumah makan yang letaknya juga berada di obyek wisata WBL.

C.    Goa Maharani
Goa Maharani terletak yang sama dengan WBL Lamongan, jadi setelah dari WBL kami semua langsung menuju ke goa Maharani. Di sana banyak berbagai jenis batu akik, disana juga terdapat jenis serangga yang dipajang disekitar goa. Setelah selesai mengelilingi goa, kami keluar dari goad an beristirahat sejenak. Selanjutnya kami bersiap-siap menuju obyek wisata yang terakhir yaitu makam Sunan Drajat

D.    Makam Sunan Drajat
Kami sampai di makam Sunan Drajat pukul 15.00. sampai disana kami semua langsung masuk kae area makam. Suasana di dalam sangat khidmad, banyak pengunjung yang dating untuk berdoa di makam Sunan Drajat, begitupun kami semua, disana kami juga minum air yang berasal dari  makam Sunan Drajat, rasanya sangat dingin dan enak.
Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan untuk pulang. Sekitar pukul 22.00, kami berhenti untuk makan malam. Kami sampai di SMP Sultan Agung sekitar pukul 03.00 pagi.

BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

1.      Perjalanan Widya Wisata dari Tirtomoyo menuju ke Surabaya – Lamongan hingga pulang dengan aman, tertib, lancar.
2.      Para Pembina yang ikut berpariwisata dengan sabar dan penuh tanggungjawab menjaga dan memperhatikan para siswa.
3.      Siswa dalam keadaan sehat, walaupun ada siswa yang mabuk dalam perjalanan

B.     KESAN dan SARAN
1.      Pelaksanaan widya wisata cukup menyenangkan.
2.      Kami berharap agar pelaksanaan widya wisata yang akan datang dilaksanakan dilain tempat agar menambah pengetahuan luas.
3.      Hendaknya kegiatan karya wisata ini waktunya diperpanjang agar kita dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap.